Kamis, 10 Januari 2019

Niat Puasa Sya'ban Lengkap Beserta Artinya

Niat Puasa Sya'ban Lengkap Beserta Artinya - sumberdoaislami, bulan sya'ban merupakan bulan kedelapan dalam kalender Hijriyah. Bulan Sya'ban adalah bulan yang terletak setelah bulan Rajab dan sebelumnya bulan Ramadhan. Sya'ban berasal dari kata syi'ab yang berarti jalan di atas gunung. Bulan ini menjadi jalan umat islam untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi bulan paling istimewa sesudah nya yaitu bulan Ramadhan.

Niat Puasa Sya'ban

Niat Puasa Sya'ban Lengkap

Begitu banyak keutamaan dan keistimewaan yang terdapat dalam bulan ini. Bulan Sya'ban merupakan salah satu bulan mulia disisi allah SWT. Pada bulan Sya'ban ini Rasulullah  mengisinya dengan memperbanyak ibadah dan berpuasa di bulan ini sebagai persiapan menghadapi bulan Ramadhan. Oleh karena itu kita di anjurkan untuk berpuasa sunnah pada bulan Sya'ban untuk menghormati bualan yang mulia ini.

Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ اُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَلَتْ يَارَسُوْ لَ اللهِ لَمْ اَرَاكَ تَصُوْمُ مِنْ شَهْرٍ مِنَ الشَّهُوْرِ مَاتَصُوْمُ مِنْ شَعْبَانَ ؟ قَالَ : ذٰلِكَ شَهْرٌ يَغْفَلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ اْلاَ عْمَالُ اِلٰى رَبِّ الْعَالَّمِيْنَ فَاُحِبُّ اَنْ يُرْفَعَ عَمَلِى وَاَنَا صَاىِٔمٌ


Artinya :''Dari Usamah Bin Zaid, ia berkata: saya bertanya : Wahai Rasulullah, kelihatannya tidak ada satu bulan pun yang lebih banyak anda berpuasa dari bulan Sya'ban. Nabi SAW bersabda : Bulan itu sering di lupakan orang,karena letaknya di antara Rajab dan Ramadhan, sedangkan pada bulan itulah di angkatkan amalan-amalan kepada Tuhan Rabbaul Alamien. Maka yang saya ingin amalan saya di bawa naik selagi saya dalam berpuasa.''(HR Abu Daud dan Nasai dan dinyatakan sah oleh Ibnu Khuzaimah)

Dalam hadist diatas di terangkan bahwa Rasulullah SAW lebih banyak berpuasa dibulan Sya'ban, karena pada bulan ini diangkatnya amalan-amalan kepada Allah SWT. Untuk bacaan lafadz niat puasa sya'ban adalah sebagai berikut.

Niat Puasa Sya'ban

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ ِللهِ تَعَالَى


Nawaitu sauma ghain'an adaa'i sunnati Sya'bana lillaahi ta'aala

Artinya:''Aku berniat puasa sunah Sya'ban esok hari karena Allah Ta'aala''

Apabila ingin berpuasa Sya'ban di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat di malam harinya boleh menyusul untuk melafalkan niatnya dan melaksanakan puasa sunah Sya'ban pada saat itu juga kewajiban niat pada malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib. Sedangkan untuk puasa sunnah, niatnya boleh di lakukan pada siang hari selama yang bersangkutan belum makan dan minum serta hal-hal yang membatalkan puasa.

Berikut lafadz niat puasa sunah Sya'ban pada siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ ِللهِ تَعَالَى


Nawaitu sauma haadzal yaumi'in adaa'i sunnati Sya'bana lillaahi ta'aala

Artinya:''AKu berniat puasa sunah Sya'ban hari ini karena Allah Ta'aala''
Demikian mengenai niat puasa sunah di bulan Sya'ban beserta terjemahannya, semoga dengan mengerjakan puasa sunah di bulan Sya'ban dan amalan-amalan lainnya di bulan ini, mejadikan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

0 komentar

Posting Komentar