Minggu, 31 Maret 2019

Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa Beserta Hadistnya Lengkap

Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa Beserta Hadistnya Lengkap - sumberdoaislami Puasa Menurut Syariat Islam adalah manahan diri dari sesuatu yang membatalkannya selama satu hari penuh mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan syarat dan rukun yang sudah ditentukan. Sedang puasa menurut bahasa menahan diri dari sesuatu, puasa dapat diartikan menahan diri dari hawa nafsu, makan dan minum serta segala sesuatu yang dapat membatalkannya.

Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa


Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa Beserta Hadistnya

Keutamaan Atau Fadhilah Berpuasa


1. Pahala orang yang berpuasa tidak terbatas, bau mulutnya lebih wangi dari pada wangi kasturi dan ia memiliki dua kebahagiaan 

Dari Abu Hurairah bahwa RASULULLAH sAW bersabda ''Telah berfirman Allah Azz Wajalla, semua amalan manusia adalah untuk dirinya, kecuali puasa maka itu adalah untukku dan aku memberinya pahala. Dan puasa itu merupakan benteng maka ketika datang saat berpuasa janganlah seseorang berkata keji atau berteriak-teriak atau mencaci  maki, apabila seseorang di caci maki oleh orang lain hendaklah ia menjawabnya: Saya ini  berpuasa sampai dua kali. Demi Tuhan yang  nyawanya Muhammad berada dalam tangannya, bau mulut orang  yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat dari pada bau kasturi. Dan orang yang berpuasa akan memperoleh dua kegembiraan yang menyenangkan hati yaitu: Ketika berbuka ia akan bergembira dengan berbuka itu, dan pada saat ia menemui Tuhannya nanti ia akan gembira kerena puasannya.''(HR. Muslim)

2. Berpuasa dapat memasukan seorang hamba ke dalam surga

Dari Abu Umamah ia berkata ''Saya datang kepada Rasulullah saw kemudian saya berkata: Suruhlah aku dengan sesuatu amal yang dapat memasukan aku kesurga. Maka Nabi SAW bersabda: Hendaklah kamu berpuasa, karena tak ada tandingannya puasa itu. Kemudian saya mendatangi Nabi untuk yang kedua kalinya, maka beliau bersabda: Kamu Berpuasa.''(HR. Ahmad, Nasai dan Hakim)

3. Orang yang berpuasa satu hari akan menghindarkan dirinya sari siksa api neraka selama 70 tahun

Dari Abu Sa'id Al-Khudri ra, bahwa Nabi saw bersabda:''Seseorang hamba yang berpuasa satu hari di jalan Allah maka dengan puasa itu Allah akan menghindarkan dirinya dari api neraka selama tujuh puluh tahun.''(HR. Jamaah, Kecuali abu daud)

4. Orang yang berpuasa akan mendapatkan Ar-Rayyan

Dari Sahl bin Sa'ad bahwa Nabi saw bersabda ''Seseorang surga itu mempunyai sebuah pintu yang di sebut dengan pintu Rayyan artinya basah melimpah, di panggil pada hari kiamat. Hai mana orang-orang yang  berpuasa? Kemudian jika orang yang terakhir dari mereka telah masuk maka pintu itu pun ditutup.''(HR. Bukhari dan Muslim)

5. Orang yang berpuasa akan diampuni dosa-dosanya

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda''Siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kerena iman dan benar-benar mengharapkan pahala dari Allah maka diampuni dosa-dosanya yang lalu.''(HR. Bukhari dan Muslim) 
Dengan mengetahui Keutamaan-Keutamaan Berpuasa tentunya kita akan semakin semangat lagi untuk menjalankan ibadah puasa mengingat banyak sekali keutamaan didalamnya, semoga sangat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar

Posting Komentar