Sabtu, 06 April 2019

Pengertian Halal Bihalal Dan Maknanya Lengkap

Pengertian Halal Bihalal Dan Maknanya  Lengkap - sumberdoaislamisalam sukses sobat pada kali ini admin akan membagikan ulasan mengenai pengertian halal bihalal. Apa sih yang dimaksud dengen halal bihalal? Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Halal Bihalal Dan Maknanya 


Pengertian Halal Bihalal Dan Maknanya

Pengertian Halal Bihalal


Halal Bihalal adalah kegiatan silaturahmi dan saling bermaaf-maafan.

Bermaaf-maafan ini dapat dilakukan ketika hari raya idul fitri tiba. Kegiatan ini biasanya berupa berjabat tangan satu sama lain dan meminta maaf, pihak yang minta maaf juga menanggapi dan memaafkannya serta meminta maaf  kembali.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, halal bihalal adalah acara maaf-memaafkan pada hari lebaran. 

Sedangkan menurut Prof Dr Quraish Shihab, seorang pakar tafsir, halal bihalal merupakan kata mejemuk yang terdiri  atas pergulangan kata bahasa Arab halal diapit satu kata penghubung ba (baca, bi).

Dalam Bukunya yang berjudul ''Membumikan Al Qur'an'' Prof Dr Shihab menjelaskan bahwa halal bihalal mengandung 3 arti, yaitu;

Dari tinjauan  kebahasaan. Kata halal bihal bersal dari kata ''halla'' atau ''halal'' yang dapat diartikan menyelesaikan persoalan atau problem, meluruskan benang kusut, mencairkan air yang keruh, dan melepaskan ikatan yang membelenggu.

Dengan adanya acara halal bihalal diharapkan hubungan yang selama ini keruh dan kusut dapat segera diurai dan dijernihkan. Halal bihalal bermakna untuk merekontruksi relasi kemanusian yang lebih sejuk dan menentramkan.

Dari tinjauan hukum. Kata halal digunakan sebagai lawan dari kata haram dan makruh. Maka halal bihalal mengandung arti kekinian setiap orang yang berhalal bihalal untuk membebaskan diri dari perbuatan yang haram dan makruh, atau membebaskan diri dari perbuatan dosa.

Makna Halal Bihalal


Yang dimaksud dengan halal bihalal jika dilihat dengan pendekatan Qur'ani adalah terbangunnya komitmen bersama untuk selalu melakukan yang baik dan bermanfaat serta menyenangkan semua pihak.

Halal bihalal merupakan media yang paling efektif yang digunakan untuk merajut kembali hubungan yang telah membeku dengan cara saling memaafkan dan menyadari kekhilafan masing-masing. Semua orang mengucapkan mohon maaf lahir dan batin ketika halal bihalal dimulai.

Pada saat dilaksanakannya halal bihalal komunikasi dapat berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan seasana halal bihalal penuh dengan suasana religius, kekeluargaan, keterbukaan serta membuat orang yang hadir merasa tidak memiliki beban psikologis. Komunikasi yang baik ini akan memicu keinginan untuk saling membantu dan saling membesarkan satu sama lain.

Baca juga;
itulah Pengertian Halal Bihalal yang dapat admin sampaikan. Semoga artikel nya kali ini sangat bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya.

0 komentar

Posting Komentar