Jumat, 02 Agustus 2019

Bacaan Niat Shalat Sunnah Awwabin Dan Tata Cara Mengerjakannya Lengkap

Bacaan Niat Shalat Sunnah Awwabin Dan Tata Cara Mengerjakannya Lengkap - sumberdoaislami, setelah mengerjakan shalat sunnah ba'dal magrib disunnahkan pula mengerjakan shalat sunnah awwibin. Shalat sunnah Awwibin adalah shalat yang dikerjakan pada waktu setelah mengerjakan shalat magrib sampai menjelang shalat isya (diantara magrib dan isya).


Dinama kan Shalat Awwabinn karena pada waktu diantara magrib dan isya umumnya orang-orang cenderung lalai untuk beribadah kepada Allah, karena kesibukan dengan aktifitas duniawi, seperti makan malam, istirahat, tidur maupun aktifitas lainnya. Karena itu shalat sunnah Awwabin juga sering disebut dengan Shalat Ghaflah (shalat lalai atau lupa). Shalat sunnah Awwabin dikerjakan 20 rakaat dan paling sedikit 2 rakaat.

Niat Shalat Sunnah Awwabin Dan Tata Cara Mengerjakannya


Bacaan Niat Shalat Sunnah Awwabin Dan Tata Cara Mengerjakannya

مَنْ صَلَّى سِتَّ رَكَعَاتٍ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ كَتَبَ اللهُ لَهُ عِبَادَةَ اثْنَتَيْ عَشَرَةَ سَنَةً


Artinya:''Barang siapa yang melaksanakan shalat Awwabin enam rakaat maka Allah catat baginya pahala ibadah dua belas tahun.''(HR. Tirmidzi)

Niat Shalat Sunnah Awwabin


اُصَلِّى سُنَّةً الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى


Ushalli sunnatal awwabiina rak'ataini lillahi ta'aalaa.

Artinya:''Aku niat shalat sunnah Awwabin dua rakaat karena Allah Ta'ala''


Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Awwabin


1. Shalat dua rakaat dengan membaca niat seperti diatas
2. Sesudah membaca surah Al-Fatihah pada rakaat pertama dilanjutkan dengan membaca surah Al-Ikhllas sebanyak 6 kali, surah Al-Falaq sekali dan surah An-Ans sekali, begitu juga pada rakaat kedua.
3. Setelah salam pada dua rakaat pertama, maka mengerjakan shalat lagi dua rakaat. Dan bacaan surah setelah membaca surah Al-Fatihah pada rakaat pertama dan kedua bebas membaca surah mana aja yang dikehendaki, untuk niatnya sama seperti shalat yang pertama.
4. Sesudah itu, berdiri lagi dengan lafal niatnya sama seperti yang tersebut diatas. Jumlah rakaat nya pun sama dua rakaat, dengan bacaan pada rakaat pertama  sesudah membaca surah Al-Fatihah membaca surah Al-Kafirun dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surah Al-Fatihah membaca surah Al-Ikhlas.


Demikian Bacaan Niat dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Awwabin, semoga sangat bermanfaat bagi kita semua Aminn.

0 komentar

Posting Komentar