Kamis, 16 Mei 2019

Keutamaan Shalat Dhuha Lengkap Beserta Artinya

Keutamaan Shalat Dhuha Lengkap Beserta Artinya - sumberdoaislami, Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu dhuha (Mulai dari matahari setinggi tombak sampai tergelincir matahari). Untuk jumlah rakaat pada shalat dhuha paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat. 

Keutamaan Shalat Dhuha Lengkap Beserta Artinya


Keutamaan Shalat Dhuha Lengkap

Shalat Dhuha merupakan salah satu diantara shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan juga banyak sekali hadist yang menjelaskan berbagai  keutamaan atau keistimewaan mengenai shalat Dhuha bagi siapa saja orang yang menjalankannya.

Baca Juga:

Keutamaan Shalat Dhuha 


1. Shalat Dhuha 2 rakaat dapat menggantikan tasbih, tahmid, tahlil, amar makruf nahi mungkar.


Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Dzarr ra dari Nabi SAW beliau berkata: Pada setiap pagi ada kewajiban untuk tia-tiap persendian beersedekah. Tiap-tiap tasbih itu sedekah, tiap-tiap tahlil sedekah, tiap-tiap tahmid sedekah, tiap-tiap takbir sedekah, tiap-tiap menganjurkan kebaikan sedekah, tiap-tiap mencegah yang munkar sedekah dan cukup menggantikan semua itu dengan dua rakaat shalat Dhuha. (HR. Muslim)

2. Rasulullah SAW telah berwasiat untuk melakukan shalat dhuha


Berdasarkan hadist Rasulullah SAW berikut ini.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Kekasihhku  Rasulullah SAW telah berpesan kepadaku supaya berpuasa toga hari setiap bulan, dan dua rakaat shalat Dhuha, dan shalat witir sebelum tidur. (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Shalat Dhuha dua rakaat pahalanya sama dengan sedekah yang dilakukan oleh 360 ruas tulang.


Diterangkan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW berikut ini.

Dari Buraidah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Dalam tubuh menusia ada tiga ratus enam puluh ruas tulang ia diharuskan bersedekah untuk setiap ruas itu. Para sahabat bertanya: Siapa yang kuat melaksanakan itu wahai Rasulullah? Beliau bersabda: Dahak yang ada di masjid lalu ditutupnya dengan tanah atau menyingkirkan suatu gangguan dari tengah jalan itu berarti sedekah. Atau sekiranya tidak mampu cukuplah diganti dengan mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha. (HR. Ahmad dan Abu Daud)

4. Shalat Dhuha empat rakaat yang dikerjakan pada pagi hari,  akan dibalas oleh Allah dengan mencukupkan keperluan orang tersebut pada siang harinya.


Berdasarkan hadist berikut ini.

Dari Nuas Bin Saman ra, bahwa Nabi SAW bersabda: Allah Azza Wajallah Berfirman: Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada permualaan siang (yakni shalat dhuha), nani akan kucukupi kebutuhanmu pada sore harinya. (HR. Hakim dan Tabrani dan semua perawinya dapat dipercaya)

Demikian mengenai Keutamaan Shalat Dhuha, semoga sangat bermanfaat bagi kita semua. Amiin

0 komentar

Posting Komentar