Selasa, 21 Mei 2019

Syarat-Syarat Wudhu Lengkap Dan Penjelasannya

Syarat-Syarat Wudhu Lengkap Dan penjelasannya - selamat datang sobat di sumberdoaislami, syarat  merupakan segala sesuatu yang harus ada atau perlu dilakukan. Jadi yang dimaksud syarat-syarat wudhu adalah segala sesuatu yang harus dilakukan ketika berwudhu. 

Baca Juga;
Berwudhu merupakan salah satu cara untuk bersuci dari hadast sebelum mengerjakan shalat baik itu shalat wajib (Fardhu) lima waktu maupun shalat sunnah. Di mana hukum wudhu adalah wajib sebelum mengerjakan shalat.

Syarat-Syarat Wudhu Lengkap Dan penjelasannya


Syarat-Syarat Wudhu Lengkap

Syarat-Syarat Wudhu


1. Beragama Islam 

Orang yang akan melakukan wudhu haruss beragama islam, jika orang tersebut bukan beragama islam maka wudhunya tidak akan sah.

2. Mumayiz

Mumayiz (Berakal) yaitu mampu membedakan sesuatu yang baik dan yang buruk, anak yang sudah mencapai usia sekitar 7 tahun dan sudah bisa membedakan sesuatu yang bermanfaat dan sesuatu yang membahayakan. Intinya anak yang sudah mempu melakukan beberapa hal secara mandiri, seperti makan dan minum, mandi sendri, membersihkan hadast dan aktifitas ringan lainnya maka anak tersebut bisa dikatakan Mumayiz.

3. Tidak Berhadast Besar

Jika seseorang berhadast besar harus bersuci terlebih dahulu dengan mandi wajib. Penyebab hadast besar diantaranya yaitu bersetubuh atau bersenggama, mempi basah, haid, nifas, wiladah, setiap orang yang berhadast besar haruus mandi wajib terlebih dahulu berulang berwudhu.

4. Memakai Air Yang Suci dan Mensucikan

Berwudhu tentu saja harus menggunakan air, tapi tidak hanya  air, harus air yang suci dan juga mensucikan. Air yang suci dan mensucikan disebut air Mutlaq adalah air yang suci, bukan air yang najis atau air yang kotor. Contoh Air yang suci seperti air hujan, salju, embun, air zam-zam, air sumur, air sungai.

5. Tidak Ada Yang Menghalangi Sampainya Air Ke Kulit

Dalam Berwudhu harus tidak ada sesuatu yang menghalangi sampainya air kekulit seperti getah, cat atau benda lain yang tidak bisa tembus oleh air.

Demikianlah mengenai Syarat-Syarat Wudhu semoga bermanfaat bagi kita semua, han dipahami sebagai panduan ketika melakukan wudhu supaya dapat berwudhu dengan benar dan wudhu kita diterima oleh Allah SWT.

0 komentar

Posting Komentar